← Back Published on

Bersihkan Wajah dengan Benar Sebelum Tidur Agar Kulit Sempurna

Membersihkan wajah adalah bagian paling dasar dari rutinitas perawatan kulit, dan semua orang harus melakukannya. Bahkan jika Anda tidak memiliki rutinitas perawatan kulit, Anda tetap harus membersihkan wajah Anda. Seberapa sering Anda mencuci muka dan jenis pencuci muka mana yang harus Anda gunakan sangat bergantung pada jenis kulit Anda. Setelah Anda mengetahui jenis kulit Anda, Anda dapat menemukan produk dan mengembangkan kebiasaan yang paling cocok untuk Anda.

Pembersihan harian sangat penting untuk kulit yang sehat dan bercahaya. Pastikan wajah Anda bersih, kencang, dan lembap sebelum Anda merias wajah atau tidur, karena kulit Anda akan dipulihkaan secara alami saat Anda tidur. Ini mungkin terdengar seperti rutinitas yang sulit. Untuk membantu Anda, kami telah merinci tips mencuci wajah terbaik, sehingga Anda dapat menjaga kulit Anda untuk tetap terlihat luar biasa.

Cuci wajah Anda dengan air hangat dan cleansing cream (krim pembersih)

Air hangat membantu mengangkat kotoran dari kulit Anda, tetapi air panas bisa terlalu mengeringkan. Bersihkan wajah Anda dengan cleansing cream. Cleansing cream adalah produk pembersih wajah yang memiliki daya pelembap tinggi sehingga lebih menghidrasi. Namun, jika Anda memakai banyak riasan, Anda mungkin perlu menggunakan pembesih wajah jenis gel (gel cleanser) dan/atau penghapus riasan. Setelah dicuci, usap wajah Anda dengan handuk—jangan digosok. Ini akan meregangkan kulit Anda dan menyebabkan kerutan.

Ambil bola kapas, celupkan ke dalam toner dan usapkan ke seluruh wajah Anda

Area wajah yang bermasalah memerlukan pembersihan yang ekstra. Misalnya, jika daerah t-zone (dahi dan hidung) Anda berminyak, toner akan sangat membantu. Tidak perlu banyak-banyak, hanya satu bola kapas basah yang sempurna.

Gunakan serum setelah selesai membersihkan wajah dari kotoran dan sisa make up

Meski ada beberapa produk kelas atas yang luar biasa, masih ada produk yang lebih terjangkau dan sama luar biasanya. Cukup gunakan satu atau dua pompa untuk seluruh wajah Anda. Ini juga cara yang bagus untuk mengatasi masalah spesifik apa pun yang Anda miliki dengan kulit Anda, karena serum dibuat untuk segala permasalahan: anti penuaan, pelembab, kemerahan, dll.

Oleskan pelembab untuk menjaga kulit Anda terhidrasi

Untuk malam hari, pilih pelembab yang lebih berat, tetapi untuk siang hari, pastikan Anda memilih yang mengandung SPF atau Anda harus menggunakan tabir surya secara terpisah. Melembabkan wajah Anda setiap hari dapat mengurangi kemungkinan kulit yang terlalu kering atau berminyak. Keadaan kulit yang ekstrem berbahaya dan dapat menyebabkan kondisi kulit umum seperti jerawat.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan krim mata

Area bawah mata adalah bagian tertipis dari kulit Anda, jadi sangat membutuhkan kelembapan. Pijat atau tepuk krim mata seukuran kacang polong di bawah mata Anda sekitar setengah inci di bawah tulang alis Anda. Jika Anda akan merias wajah setelahnya, tunggu beberapa menit agar krimnya meresap.

Membersihkan wajah adalah langkah yang paling mudah dalam menjaga keadaan alami kulit Anda. Sisanya tergantung semua serum, pelembab, masker wajah, ataupun produk lainnya yang ingin Anda gunakan. Sebenarnya, cara terbaik untuk menentukan bagaimana Anda harus membersihkan wajah Anda adalah mencari tahu jenis kulit Anda dan teknik serta rutinitas pembersihan apa yang paling cocok dengan Anda.